Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Widget

Arsip Blog

23.4.13

Pengguna Internet Tak Peduli dengan Konten Bajakan?


Inggris - Sebuah survei menunjukkan bahwa tidak adanya kepedulian sejumlah pengguna terhadap konten bajakan. Entah legal atau tidak, mereka tetap saja menikmati konten tersebut.

Survei itu dilakukan oleh salah satu lembaga hukum asal Inggris bernama Wiggins dan diikuti oleh 2.500 responden dari berbagai usia dan latar belakang.

Sebanyak 44% dari jumlah responden itu mengaku tidak mengetahui apakah mengupload file ke situs berbagai file itu legal atau tidak, dan mereka melakukan ini hampir setiap hari tanpa ada rasa bersalah.

Dari 35% responden itu juga menganggap bahwa mengkopi lagu, film, atau konten apapun dari teman dan kerabat adalah legal. Padahal hal ini jelas-jelas dilarang dalam undang-undang hak cipta.

Untungnya, sekitar 68% responden setuju tentang perlu adanya aksi untuk melindungi konten-konten berlisensi. Jumlah ini meningkat dari tahun 2010 yang hanya meraih 55% dari jumlah responden yang sama.

Seperti dikutip detikINET dari Guardian, Senin (22/4/2013), dari ribuan responden itu sebagian mengaku masih merasa terbantu dengan adanya Google dan situs berbagai file. Karena dari layanan ini mereka bisa menemukan beragam konten bajakan dengan mudah.