PENJELASAN SEPUTAR LISTRIK PRABAYAR :
Apa itu Stroom Steer Listrik Prabayar (LPB) ?
Adalah layanan terbaru dari PLN dengan berbagai kelebihan dalam
mengatur penggunaan energi listrik melalui meter elektronik prabayar.
Inovasi termutakhir yang berorientasi pada kenyamanan pelanggan ini
merupakan wujud penghargaan kepada Anda pelanggan PLN. Lewat Prabayar,
Anda lebih leluasa dalam mengendalikan pemakaian listrik, sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan. Dengan Stroom Steer Listrik Prabayar,
menggunakan listrik menjadi Lebih Nyaman dan Lebih Terkendali.
Apakah KWH Meter lebih mahal dibanding Listrik Pasca Bayar / Analog ?
Penghitungan KWH Meter LPB sama saja dengan KWH Meter Analog karena
telah melalui tahap standarisasi Tera (tidak lebih mahal) dan harga
Rp/kWh Listrik Prabayar sudah diatur dalam TDL 2010 yang dikeluarkan
oleh menteri ESDM No. : 07 Tahun 2010. Yang akan menentukan hemat atau
boros adalah 100 % perilaku pengunaan peralatan listrik oleh pelanggan.
Serupa dengan telepon, dengan Prabayar cenderung orang akan berhemat,
sebaliknya dengan Pascabayar cenderung orang lebih boros karena kurang
terkendali.
Apa keuntungan LPB dibanding Analog ?
- Pemakaian listrik lebih terkendali
- Tanpa ada sanksi pemutusan
- Tanpa dikenakan denda keterlambatan
- Tanpa Uang Jaminan Pelanggan
- Tanpa ada pencatatan meter
- Privasi tidak terganggu
- Tidak dikenakan biaya beban bulanan
- Kemudahan pembelian Token / STROOM
- Pembelian disesuaikan kemampuan.
- Tidak ada batas masa aktif (aktif selama kWH masih tersisa).
Bagaimana Proses Pasang Baru Stroom Steer LPB ?
- Calon pelanggan melakukan pendaftaran
- Petugas PLN melakukan survey
- Penerbitan surat persetujuan
- Calon pelanggan menyampaikan Sertifikasi Laik Operasi (SLO).
- Calon pelanggan membayar biaya penyambungan dan Stroom perdana
- Calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL)
- Petugas PLN melaksanakan penyambungan
Bagaimana proses Migrasi dari Pasca Bayar Analog ke Stroom Steer LPB?
- Pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi KTP dan denah lokasi
- Penerbitan surat persetujuan
- Membayar biaya Stroom perdana
- Menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL)
- Petugas PLN melaksanakan penggantian kWH meter
Bagaimana proses Tambah Daya Listrik Prabayar?
- Sama dengan proses Pasang Baru, kecuali SLO hanya
diperlukan bila terjadi perubahan instalasi dalam bangunan. MCB akan
diganti. kWH meter akan disetting ulang.
Berapa saja nilai voucher Stroom (Token) Isi Ulang yang ada ?
Mulai dari Rp 50.000,- s/d Rp 1.000.000,- dengan kelipatan Rp. 50.000,-
Pembeli Stroom mendapatkan struk berisi 20 digit angka untuk di input ke meteran.
Berapa KWH yang diperoleh untuk pembelian Rp 100.000,- ? (cek attachment)
Bervariasi sesuai golongan tarif Daya.
Untuk R1 900VA, nominal Rp 100 ribu = 75 kWH
Apa saja komponen biaya yang ada dalam token stroom?
Stroom (KWH), PPJ tergantung daerah masing – masing (utk Makassar 7 %) dan biaya Admin sebesar Rp. 2.500,-
Apakah ada tanda-tanda bila Stroom Akan habis?
Ada. Berupa bunyi alarm (“bip bip”) setiap menit pada saat tersisa 5 kWh atau diatasnya pada kWh meter.
Dimana & Kapan dapat membeli token stroom?
Saat ini : Pembelian Stroom dapat dilakukan di Kantor Pelayanan PLN terdekat (Kantor Ranting/ Rayon).
Akan datang : Pembelian dapat dilakukan juga di seluruh Bank/ATM yang bekerjasama dengan PLN (PPOB – Payment Point Online Bank)
Bisakah pelanggan membeli Token Stroom di Kantor PLN yang berbeda (berbeda Ranting-Rayon / berbeda Cabang / berbeda Wilayah)?
Saat ini : Pembelian Stroom dapat dilakukan di Kantor Pelayanan PLN (Kantor Ranting/ Rayon) mana saja.
Akan datang : Pembelian dapat dilakukan dimana saja seluruh Indonesia via bank/ATM yang bekerjasama dengan PLN (PPOB).
Dapatkah saya menjadi agen penjual Token Stroom seperti agen- voucher telepon?
Untuk saat ini belum dapat dilakukan.
Kedepannya dapat dilakukan dengan menjadi downline bank yang bekerjasama dengan PLN (PPOB)
Bagaimana bila Token Stroom yang baru dibeli hilang ?
Jangan khawatir, Pelanggan yang kehilangan struk Stroom dan lupa 20
digit angka tetap bisa mendapatkan haknya dengan menghubungi kembali
kantor PLN dengan menyebutkan ID Meter pelanggan.
Apakah ada tanggal kadaluarsa untuk Token Stroom yang dibeli ?
Tidak ada tanggal kadaluarsa bagi Stroom yang dibeli.
Apakah Token Stroom dapat diisikan pada KWH Meter berbeda ?
Tidak. Token Stroom hanya dapat diisikan pada KWH meter sesuai dengan ID Meter yang disebutkan pada saat pembelian, sehingga tidak dapat digunakan di KWH Meter lain.
Apa batasan hak/kewajiban pelanggan terhadap Alat Pengukur dan Pembatas /APP (KWH Meter+ MCB) ?
Yang menjadi batas hak & kewajiban PLN adalah mulai dari
instalasi jaringan listrik sebelum APP (kWh meter) sampai APP (kWh
Meter). Untuk instalasi setelah APP (kWh meter) menjadi tanggung jawab
pelanggan.
Bagaimana bila Stroom yang ada belum habis kemudian diisi dengan token Stroom baru?
Akan diakumulasi. Nilai Stroom (KWH) lama tidak akan hilang melainkan bertambah.
Bagaimana cara mengisi token stroom?
Masukkan 20 digit angka yang terdapat dalam Struk Token Stroom. Dibaca dari kiri ke kanan sesuai barisnya.
Dengan tidak adanya lagi petugas cater, bagaimana pihak PLN mengetahui adanya pencurian listrik di sisi pelanggan?
Setiap transaksi pembelian oleh pelanggan akan tercatat di Sistem PLN
dan akan dilakukan analisa pelanggan. Selain itu akan tetap ada
pengecekan rutin oleh tim lapangan untuk memastikan kWh Meter beroperasi
degan baik.
Bila ada masalah LPB, kemana saya harus melapor?
Bisa melalui Call Center PLN tlp. 123 atau kantor pelayanan PLN setempat, 7 x 24 jam seminggu.
Anda ingin menjadi agen listrik prabayar / membuka jasa pengisian voucher listrik prabayar ???
kunjungi :
www.multichipsakti.com