Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Widget

Arsip Blog

14.3.13

Riset: Maen Game Bikin Lansia Lebih Bahagia

Penelitian baru, hasilnya terkadang adalah hasil yang sama dengan penelitian sebelumnya dan kadang ada juga sesuatu yang baru. Kayak yang satu ini, yang menurut redaksi secara pribadi bener-bener merupakan penemuan baru (namun unik dan mengejutkan). Adakah yang percaya kalau ternyata orang yang udah lanjut usia alias peyot-peyot, masih bisa ngerasa bahagia dan senang setelah maen game? Kalo ngeliat dari logika, seharusnya sih itu dah gak mungkin. Tapi gak gitu halnya dengan hasil studi akademis terbaru yang ternyata berkata sebaliknya.
Biarpun hanya bermain sebentar, ternyata bermain game bisa bikin orang lansia menjadi pribadi yang lebih sehat dan lebih baik. Itulah hasil penelitian yang cukup bikin kaget dari para ahli riset di North Carolina State University. Justru mereka yang gak pernah maen game selama hidupnya, punya kecenderungan untuk memiliki emosi yang negatif dan gampang banget depresi.
Dari hasil penelitian Dr. Jason Allison, diketahui adanya hubungan yang cukup unik antara gaming dengan kesehatan serta fungsi emosional seseorang yang lebih baik. Dengan hasil ini, mereka sekarang ingin mencoba riset lain lagi, apakah bermain game bisa meningkatkan kesehatan mental pada mereka yang udah lanjut usia. Anyway, pada riset kemaren, tercatat ada 140 orang lansia (63 tahun ke atas) yang ikutan dalam riset tersebut. Sayangnya, gak ada yang tau riset seperti apa yang dilakukan. Gak tau juga game seperti apa yang mereka mainin.
Tapi kalo menurut redaksi, kayaknya game yang cocok untuk dimainin oleh mereka yang udah lanjut usia hanyalah game-game yang santai, game yang gak perlu banyak mikir. Hay Day misalnya? Itu adalah game yang sangat bersahabat, damai dan tenang serta gak perlu banyak mikir. Cuma duduk dan bertani aja. Lagian, gak bisa ngebayangin juga kalo ada nenek-nenek atau kakek-kakek yang maen game yang banyak gerakannya. Maen Wii atau Kinect misalnya? Jangankan jadi bahagia, yang ada malah encok atau lutut lemes sebelon maen… (biarpun semua screenshot di artikel ini berbanding terbalik yak ma yang opini redaksi XD)
Oh. Satu lagi game yang harus mereka hindari. Game horror! Jangan gara-gara demen maen game, lantas maen game yang ngetes keberanian gini. Kalo mpe setep atau serangan jantung, kan repot... Udah tua cui... =="