Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Widget

Arsip Blog

14.3.13

Sekuel LovePlus Menuju Smartphone

Siapa yang demen sama game simulasi? Wah ada banyak… Satu, dua, tiga, lima ratus ribu! Yak, mantep. Terus kalo simulasi percintaan alias kencan? Hmm… Klikers kok pada malu-malu? Ayo angkat tangan aja. Gak apa-apa kok. Ouw well, ya sudah kalo gak mau ngomongin. Kita lanjut aja yak. Klikers pernah denger game yang namanya LovePlus? Seharusnya udah pernah, karena waktu pertama kali diluncurin (tahun 2009) di Nintendo DS, game yang satu ini laris manis terutama di Jepang. Bayangin, untuk sebuah game simulasi percintaan, LovePlus bisa terjual sampai 250.000 unit! Sebuah angka yang luar biasa untuk genre ini.
Nah, simulasi yang satu ini juga berhasil menarik minat gamer di luar Jepang loh. Bahkan saking gilanya, pernah ada cerita dimana si pemain benar-benar menikahi karakter Love Plus yang ia kencani. Di dunia nyata! Sedikit menyedihkan, tapi ya sudahlah. Hidup adalah pilihan. Bener gak? Anyway, daripada redaksi ngelantur kejauhan, mendingan kita mulai bahas inti utama artikel ini. Yuk. Masih tetap berhubungan dengan LovePlus, alias sekuel terbarunya yang berjudul LovePlus Collection. Yang lebih menarik lagi, ternyata Konami bakalan bawa game ini ke SMARTPHONE!

Eits. Tunggu dulu. Kalo Klikers mikirnya, LovePlus Collection ini adalah model simulasi percintaan yang sama seperti versi NDS atau 3DS, sayang sekali harapan kalian harus mentah begitu aja. Game ini sama sekali bukan simulasi yang umumnya kalian temuin, melainkan sebuah trading card game yang dibuat dengan campuran elemen sosial di dalamnya. Dengan kata lain, ini merupakan kombinasi baru antara trading card dan juga simulasi percintaan.
Menurut produser game ini, Akari Uchida: "Misi kami dengan LovePlus adalah menyediakan sebuah jalan cerita yang santai dan karakter yang bisa didekati oleh gamer. Tapi, seiring perjalanan kami dengan game ini, ada beberapa aspek yang menjadi terlalu fokus (ke intinya) dan menciptakan sebuah rintangan tersendiri bagi gamer, yang mana merupakan penyesalan bagi saya. Jadi, ketika kami sedang memikirkan cara untuk memperluas akses ke game ini, kami memikirkan konten sosial macam apa yang merupakan keahlian Konami."

Yang dimaksud oleh Uchida dengan pernyataan terakhirnya adalah trading card game yang udah banyak digarap oleh Konami di Jepang. Hebatnya, semua game tersebut benar-benar populer! Kemudian Uchida menjelaskan lebih jauh lagi: "Perbedaan terbesar dari versi konsol adalah kamu bisa menyentuh semua daya tarik para wanita tersebut dengan mudah. Dengan cara tertentu, melalui motif kencan dan kehidupan sekolah, kamu akan mendapatkan sedikit gambaran mengenai daya tarik mereka. Kamu akan bekerja dengan teman dalam game untuk hidup bersama, menciptakan kenangan yang indah dan mengumpulkan semuanya itu dalam bentuk kartu, itulah gagasan utama permainan ini."
LovePlus Collection diperkirakan akan segera hadir untuk Smartphone di Jepang dalam beberapa minggu ke depan. Tentu aja itu gak nutup kemungkinan bagi game ini untuk tiba-tiba nongol di wilayah lain. Tapi ada satu hal yang dikit mengganjel pikiran redaksi. Apakah itu berarti, LovePlus Collection gak bakalan hadir di platform selain smartphone?