Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Widget

Arsip Blog

21.4.13

Penataan 3G Dijamin Tak Ganggu Layanan Operator


Jakarta - Kementerian Kominfo menjamin penataan 3G yang akan memindahkan blok frekuensi para operatornya seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan Tri, tak akan mengganggu jaringan layanan yang digunakan pelanggan.

"Tidak akan terasa saat moving karena dibuat se-smooth mungkin. Pindahan 3G nanti akan menghindari jam-jam trafik tinggi untuk meminimalisir dampaknya," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S Dewa Broto kepada detikINET, Rabu (17/4/2013).

Rencana penataan 3G ini paling lama akan mulai digelar pada Mei mendatang setelah Menkominfo Tifatul Sembiring mengeluarkan Keputusan Menteri terkait, paling lambat akhir April ini.

Dalam penataan 3G ini, tiga operator seluler yakni Indosat, Axis Telekomunikasi Indonesia, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri), akan diminta untuk memindahkan blok yang mereka tempati saat ini agar nantinya bisa berdampingan (contiguous).

Axis diminta untuk pindah dari blok 2 dan 3 ke blok 11 dan 12, sementara Tri dari blok 6 ke blok 2 (jadi 1 dan 2), dan Indosat pindah dari blok 8 ke blok 6 (jadi 6 dan 7).

Sedangkan Telkomsel dan XL tidak pindah blok. Telkomsel akan menempati blok 3, 4, dan 5, sementara XL bakal menempati blok 8, 9, dan 10.

"Jadi sekarang tinggal menunggu Kepmennya keluar saja karena sudah ada pembahasan tim teknis dengan operator. Para operator justru berharap penataan 3G ini dipercepat agar bisa kelar sebelum Lebaran," pungkas Gatot.