Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Widget

Arsip Blog

23.4.13

Tiga Raksasa ICT Aliansi Genjot Bisnis DNA


Jakarta - Device, network, & application (DNA) telah menjadi bagian tak terpisahkan di era konvergensi teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT). Itulah yang dilakukan Microsoft, Telkomsel, dan Erafone yang tengah beraliansi membangun satu ekosistem bisnis.

Aliansi itu terbentuk melalui satu wadah yang diberi nama Windows Corner yang saat ini telah menempati sebagian ruang yang ada di 11 Grapari Telkomsel dan 13 outlet Erafone di seluruh Indonesia.

"Microsoft ingin hadir lebih dekat dengan konsumen yang ingin merasakan pengalaman baru yang menyenangkan menggunakan smartphone, tablet, maupun laptop dengan OS Windows 8," kata Bernard Saisse, Direktur Marketing & Operasional Microsoft Indonesia, saat meresmikan Windows Corner di Grapari, Gandaria City, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Tentu bukan tanpa tujuan Microsoft menggandeng Telkomsel dan Erajaya. Lucky gani, Windows Business Group Lead Microsoft Indonesia, berharap melalui kerjasama ini Microsoft bisa mendongkrak pangsa pasar Windows 8 di Indonesia.

"Saat ini market size Windows 8 memang masih kecil. Namun dari IDC memprediksi Windows 8 akan tumbuh 11% hingga 12% dalam dua-tiga tahun ke depan," katanya.

Dari data pengguna smartphone yang tercatat di jaringan Telkomsel, jumlah pengguna ponsel dengan OS Windows memang masih sangat kecil dibandingkan dengan OS smartphone lainnya.

Arief pradetya, Head of Device Bundling & Customization Strategy Division Telkomsel mengungkapkan, dari 18 juta smartphone yang tercatat di jaringan Telkomsel pengguna Windows Phone baru sekitar 100 ribuan.

"Dari sisi market size memang masih lebih kecil jika dibandingkan BlackBerry, Symbian, Android, dan iOS. Namun dari sisi pertumbuhan, Windows di pasar smartphone punya potensi besar. Sekarang cuma 100 ribuan bisa jadi 300 ribuan di jaringan kami," kata Arief.

Ririn Widaryani, Head of Strategic Marketing Group Telkomsel, menambahkan, kehadiran Windows 8 akan semakin memperlengkap portofolio smartphone OS yang dilayani jaringan Telkomsel sebagai bagian dari upaya menyediakan layanan mobile lifestyle.

"Kalau bicara volume Windows 8 memang belum besar, tapi punya growth menjanjikan, dan pilihan untuk pelanggan jadi makin banyak. Buat kami, apapun asal bisa menjadi best experience untuk pelanggan, pasti kami dorong," katanya.

Ririn juga mengatakan, kehadiran lini produk Windows di Grapari Telkomsel akan memperkaya pilihan pelanggan data yang saat ini ada 50 juta dari 125 juta pelanggan seluler operator itu.

Layanan data Telkomsel yang digunakan oleh 50 juta pelanggan telah memberikan kontribusi pendapatan Rp 8 triliun tahun 2012 lalu. Dengan portfolio yang lebih lengkap, anak usaha Telkom ini optimistis target revenue data bisa tumbuh double digit tahun ini.

Lewat Windows Corner yang ada di Grapari, untuk setiap pembelian merek tablet seperti Acer, Samsung, Asus, Nokia, atau HTC, pelanggan akan mendapatkan penawaran paket data khusus dengan harga kompetitif serta cicilan tanpa bunga selama setahun, beserta hadiah langsung souvenir dari Microsoft.

Selain Grapari, Microsoft juga berupaya menjangkau konsumen lewat jaringan ritel dan online Erafone. Kerja sama ini juga akan mendukung Erajaya mengembangkan bisnis perangkat phone mereka menjadi penyediaan perangkat mobilitas lengkap dari Windows 8 seperti PC, tablet, dan smartphone, serta edukasi dan solusi lengkap bagi konsumen di semua area Windows Corner yang ada di outlet mereka.

"Sebagai leading retailer di Indonesia, Windows 8 ini OS baru dan harus dicoba langsung oleh masyarakat. Kerjasama ini menjadi benefit bagi kami juga karena pelanggan jadi punya banyak pilihan dan bisa mencoba langsung perangkat yang paling cocok untuk kebutuhan mereka," kata Kim Joongwoon, Director PT Erafone Retailindo.
inet.detik.com