Tokopedia, marketplace C2C Indonesia
yang didirikan pada tahun 2009 kini mempunyai valuasi senilai USD 20
juta, hal ini diungkapkan William Tanuwijaya pagi ini di Startup Asia
Jakarta 2013.
Pada diskusinya dengan founder Tech in Asia,
Willis wee, Tanuwijaya menjelaskan bahwa perusahaannya belum profitable,
dan tidak mengambil komisi dari pedagang. Sebaliknya, Tokopedia
menghasilkan uang hanya dari iklan, dan (koreksi: Tokopedia sama sekali
tidak menampilkan iklan, tapi sedang mengembangkan mesin iklannya
sendiri sebagai cara memperoleh uang nantinya) program barunya yang
bernama Gold Merchant program, yang memungkinkan pedagang untuk
berlangganan layanan akses administratif khusus yang membantu
memfasilitasi manajemen toko. Tanuwijaya mengatakan bahwa lima hingga 10
persen pedagangnya sudah mendaftar untuk berlangganan di program ini.
Perusahaan
ini terus bertumbuh sejak diluncurkan, dan kini memiliki 3 juta
pengunjung perbulan. Tahun Lalu, Tokopedia telah berhasil menjual
sekitar 13,4 juta produk di marketplace-nya.
Sumber: Merdeka.com