Diberdayakan oleh Blogger.
Pln,Listrik Prabayar,token Pln,listrik Pintar
game, game online, distributor game,megaxus,gemscool,zynga,wave game,iah game

Share

Widget

Arsip Blog

6.12.12

Tips Menghemat Listrik

TIPS UNTUK MENGHEMAT LISRIK
"Agar Biaya Listrik Tidak Membengkak"
Listrik telah menjadi kebutuhan primer dalam masyarakat saat ini.
Tanpa listrik, segala kebutuhan dan pekerjaan pun terhambat. Kehidupan dalam rumah salah satunya, membutuhkan pemakaian daya listrik yang tidak sedikit.
Terlebih lagi dengan semakin mendominasinya pemakaian barang-barang elektronik di rumah yang dapat menunjang efektifitas dan eflsiensi waktu serta tenaga dalam menyelesaikan pekerjaan domestik, berakibat segala kemudahan yang diberikan dengan adanya listrik ini tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar.
Agar membayar listrik tak lagi mencekik, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, antara lain:
  • Jangan masukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Hal ini menyebabkan kulkas harus bekerja ekstra untuk mendinginkan makanan sehingga energi yang dibutuhkan pun besar. Selain itu, ingatlah selalu untuk menyimpan makanan dalam kulkas sesuai dengan kapasitasnya, karena hal ini pun dapat menambah daya pemakaian listrik.
  • Apabila menggunakan air conditioner (AC) dalam rumah, sebaiknya tidak menyalakan dan mematikannya terlalu sering. Karena pada saat AC dinyalakan, energi listrik yang dibutuhkan sangat banyak untuk mengangkat dayanya. Bila terlalu sering diubah, maka arus listriknya pun turut naik turun dan mengakibatkan biaya listrik tinggi.
  • Gunakanlah mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya. Apabila melebihi kapasitas, beban pemakaian tenaga listrik yang dibutuhkan akan semakin besar.
  • Apabila menggunakan pompa air, sebaiknya tampunglah air di tempat penampungan dan gunakan pompa air saat air di penampungan akan habis. Sama halnya dengan AC, semakin sering pompa air dikondisikan "hidup-mati", semakin besar daya Iistrik yang dipakai.
  • Sesuaikan tingkat panas seterika dengan bahan pakaiannya dan tidak lupa untuk membersihkan bagian bawah seterika dari kerak yang dapat menghambat panas.
  • Gunakanlah peralatan elektronik secara bergantian, hal ini dapat menghemat kekuatan listrik yang dibutuhkan dan menghindari daya listrik di rumah turun. Karena saat menyalakan kembali, daya listrik yang dibutuhkan sangat banyak. Hindari menyalakan lampu di banyak tempat padahal masih memungkinkan untuk ada yang dimatikan. Matikan televisi, radio atau barang-barang elektronik lainnya saat tidak digunakan.