Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Widget

Arsip Blog

20.1.13

Aktifkan Parental Controls Pada BlackBerry



Entah kita sadari atau tidak, nyatanya anak-anak usia balita (bawah lima tahun) kini kian pandai dan cerdas, tanggap terhadap segala sesuatu yang baru, dan salah satu yang menjadi favoritnya adalah hape. Sudah lumrah bila hape orang tua dimain-mainkan oleh sang anak, dan rasanya akan cukup sulit untuk melepaskan hape dalam genggaman balita yang sedang kepincut pada ‘mainan’ barunya. Alhasil, kerap fitur-fitur di hape tak sengaja aktif karena tombolnya tertekan oleh jemari anak. Yang sering didapati seperti terkirimnya SMS dan panggilan voice secara acak (miss call).

Guna mengantisipasi hal diatas, BlackBerry (BB) versi OS 7.1 telah dibekali dengan fitur parental controls. Sesuai namanya, fitur ini berperan untuk menonaktifkan fitur-fitur tertentu pada hape, tujuannya bila ‘terpaksa’ hape jatuh ke genggaman anak, fitur tersebut tidak ada risiko ‘disalahgunakan’ dan membuat bingung orang lain. Mengaktifkan parental controls cukup mudah, fitur ini hanya dikendalikan lewat PIN yang berisi 4 digit. 

Parental control diluncurkan berbarengan dengan dirilisnya BlackBerry Curve 9220 dan 9320. Menurut informasi dari RIM (Research In Motion), fitur ini bakal bisa di-download gratis untuk OS 7.0 dan 6.0 dalam beberapa bulan kedepan di BlackBerry App World. (Haryo Adjie Nogo Seno)

1. Dari home screen, pilih options > security > parental controls.
 
2. Pilih checkbox enable untuk masing-masing aplikasi/fitur yang akan diproteksi dengan parental controls. Khusus untuk proteksi pada fitur phone, Anda bisa mencentang limit incoming calls to contacts, artinya anak Anda tetap dapat menghubungi beberapa nomer saja yang telah dipilih dari menu contacts.

3. Bila fitur-fitur telah dipilih, selanjutnya tekan tombol BB > options > tekan tombol BB > save. Anda diharuskan mengisi 4 digit PIN, dan selanjutnya ada proses konfirmasi. Anda harus mengingat baik-baik PIN ini, sebab untuk me-reset PIN Anda akan kehilangan seluruh data di hape. 



Sumber : Tabloid HandPhone