Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Widget

Arsip Blog

20.6.13

Google Bagikan Akses Internet Lewat Balon Udara

Satu lagi ide brilian mendekati gila yang dihadirkan oleh Google. Diberi nama ‘Project Loon’, Google akan memberikan akses internet ke daerah-daerah di dunia yang belum terjamah oleh koneksi internet lewat balon udara.
Kalau saja inisiatif ini diumumkan pada tanggal 1 April, mungkin akan banyak yang mengira ini adalah lelucon April Mop. Pemikiran untuk membagikan akses internet lewat balon udara memang sekilas terdengar menggelikan, tapi Google justru menganggapnya sebagai tantangan.
Secara garis besarnya, balon-balon tersebut kurang lebih berfungsi sebagai titik akses wifi yang melayang di udara, yang membagikan akses internet dari sebuah penyedia layanan internet di tempat yang jauh dengan memantulkan sinyalnya berantai antar balon. Yang disasar oleh Google adalah wilayah seperti daerah pedalaman, daerah terpencil, serta daerah-daerah yang terputus koneksi internetnya, misalnya karena bencana alam.
Lewat sebuah video, Google mencoba menjelaskan awal mula munculnya ide ini:
Google mengklaim bahwa balon-balon yang mereka lepas dikendalikan oleh algoritma kompleks yang menghitung kecepatan dan arah angin, sehingga balon-balon yang melayang di lapisan stratosfer, sekitar 20km dari atas permukaan bumi ini, bisa membentuk sebuah jaringan komunikasi. Untuk menangkap sinyal internet dari balon-balon ini diperlukan sebuah antena khusus.
Simak video berikut bila Anda masih penasaran:
Tentu saja usaha Google ini bukan tanpa pamrih. Semakin banyak manusia di dunia yang terhubung ke internet, berarti semakin banyak pula pengguna Google, yang tentu saja berarti semakin banyak mata yang bisa disodorkan iklan-iklan yang menjadi sumber pendapatan mereka.
Bila Anda tertarik mengikuti perkembangan proyek ini, silakan ikuti laman Google+-nya.